Skip to main content
Cara Berhijab Yang Baik Dan Benar Menurut Islam

Cara Berhijab Yang Baik Dan Benar Menurut Islam

Cara Berhijab Yang Baik Dan Benar Menurut Islam – Assalamualaikum wr. wb. pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang cara berhijab yang baik dan benar menurut islam, mungkin di sekitar kita sudah banyak saudari – saudari kita yang kurang paham tentang etika cara berhijab yang baik dan benar menurut islam. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini di artikel ini akan saya kupas semuanya apa yang saya tahu terkait cara berhijab yang baik dan benar menurut islam, seperti yang sudah dijelaskan di dalam Al Qur’an di surat An Nur ayat 26 menjelaskan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Wanita – wanita yg baik ialah untuk laki – laki yg baik dan laki – laki yg baik pun untuk wanita – wanita yg baik juga”.

Lalu, apa hubungan dari jilbab dgn kutipan ayat tersebut??? Yaps, sosok wanita yg baik dalam islam ialah mereka yg paham dan mampu melaksanakan nilai – nilai dalam ajaran Islam di kehidupan sehari – harinya tersebut. Dan satu dari sekian banyak amalan yang dimaksud itu ialah memakai Jilbab.

Apa pengertian dari jilbab tersebut? Jilbab merupakan pakaian terusan panjang yang menutupi semua badan kecuali tangan, kaki dan wajah yg umumnya dipakai oleh wanita – wanita muslim. Kemudian, jilbab yang dimaksud bukanlah hanya sebatas jilbab saja yg menutupi anggota tubuh bagian kepala dan rambut doang. Dan tentu saja jilbab merupakan sebuah identitas seorang muslimah. Dimana dgn jilbabnya tersebut, ia akan lebih gampang dikenali ke-muslimah-annya dan tak akan diganggu.

Cara Berhijab Yang Baik Dan Benar Menurut Islam

Jilbab yg baik ialah jilbab yg cocok dgn tuntunan Islam, bukan yang sesuai dgn mode atau trend yang saat ini hits – hitsnya di masyarakat sekitar. Lalu, apa saja syarat – syarat untuk memakai jilbab yg baik dan benar menurut pandangan islam? Berikut ini diantaranya :

1. Menutupi aurat

Jilbab yang lebar dan menutup bagian dada
Jilbab yang longgar dan tidak memperlihatkan bentuk lekukan tubuh
Tidak tembus pandang atau terawang
Tidak menggunakan riasan/make up yang tebal

Kesalahan Dalam Cara Memakai Jilbab

Mungkin disekitar kita sudah banyak sekali saudari – saudari muslimah kita yang salah dalam mengenakan jilbab dan bahkan tidak sesuai dengan aturan – aturan islam yang sudah berlaku sejak lama, oleh karena itu berikut ini akan saya bahas kesalahan – kesalahan apa saja yang dilakukan muslimah – muslimah kita yang umumnya terjadi.

Berikut Kesalahan – kesalahan yg umumnya sering terjadi dalam berjilbab dan berbusana muslimah :

> Kerudung tidak menutupi bagian dada

Ini bertentangan sekali dgn firman Allah SWT dalam Al-qur’an yang berbunyi “dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke bagian dadanya” (QS. An Nur : 31)

> Rok yang kurang panjang atau agak ngatung

Dan itu sangat tidak sesuai dengan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi dan Nasa’i, dari Ummu Salamah R.A. “Ya Rasulullah, bagaimana dgn perempuan dan kain-kain mereka yg sebelah bagian bawah?” lalu Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya tersebut”

> Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh

Tak hanya terlihat nampak dan terasa sesak, namun sebenarnya menggunakan pakaian – pakaian yg ketat pun tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Sebuah penelitian membuktikan bahwasannya memakai pakaian – pakaian yang ketat dapat menimbulkan masalah kulit yang kekurangan ruang untuk bernafas. Akibatnya dari memakai pakaian – pakaian yang tersebut ialah biduran, lalu adanya bercak ringan di anggota tubuh tertentu hingga akhirnya ada juga penyakit yang lumayan berbahaya, yakni kemandulan dan kanker.

> Memakai riasan atau make up yang tebal dan berlebihan.

Memakai make up atau riasan memang tidak dilarang namun yang dilarang adalah yang berlebihan tersebut, karena sifat yang “berlebihan” itu tidak baik. Dan sekedar saran saja, mungkin lebih baik jika Anda sering – sering melakukan wudhu karena itu akan berdampak baik bagi penampilan Anda.

> Dan yang terakhir adalah kesalahan – kesalahan yang lain dalam berjilbab ialah tidak menggunakan kaos kaki, lalu menggunakan blus yg pendek, dan menggunakan rok dgn belahan tinggi dan yang terakhir memakai kerudung yg terbuat dari bahan – bahan kain yg cukup tipis atau jarang.

Baiklah, cukup sekian artikel mengenai cara berhijab yang baik dan benar menurut islam, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menjadi seorang muslimah sejati dan dicintai oleh Allah SWT. Baik sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Cara Berhijab Yang Baik Dan Benar Menurut Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *